Turunnya Jesus Di Hari Kiamat

turunnya-jesus-di-hari-kiamat1

CintaDamai

Januari 27th, 2011 pukul 03:21

Saya membaca komentar di sini ternyata tidak ada bedanya baik Muslim pengikut Muhammad dengan non-Muslim. Saya akui saya adalah non-Islam, tapi saya berkomentar bukan untuk menghina Muslim.

Taurat, Al-Kitab dan Al-Alquran adalah 3 sumber utama agama Alkitabiah (Agama kitab) yaitu: Yahudi, Kristen dan Islam.

Jujur harus di akui bahwa ada ayat-ayat yang cukup menggambarkan kekerasan, kevulgaran dan kerancuan. Sekuat apapun anda mengatakan kitab kami yang paling sempurna tetaplah harus di akui secara jujur bahwa ada kekurangan.

*Yahudi amat kuat dengan Tauratnya, yang sangat jelas tanpa kompromi menyatakan aturannya.

Contoh:

Ajaran Taurat, Jangan membunuh: maka pembunuhan atas dasar dan alasan apapun adalah dosa.(titik) Atau Jangan mencuri: maka pencurian atas dasar dan alasan apapun adalah dosa. (titik)

*Kristen inti ajarannya adalah Kehidupan Jesus (Isa Al Masih), berporos kepada Jesus. Apa yang Jesus ajarkan adalah dasar Kekristenan, sedangkan murid-murid Jesus hanya meneruskan apa-apa yang disampaikan Jesus ketika Jesus bersama-sama dengan manusia di bumi. Jesus adalah Injil itu sendiri, dia tidak menulis Injil ataupun diberi Injil.Sedangkan Alkitab  adalah gabungan antara ajaran pada masa sebelum Jesus (Taurat-Perjanjian Lama) dan ajaran pada masa Jesus yang dibawa oleh Jesus sendiri dan para muridnya (Perjanjian Baru). Alkitab  diyakini memang ada kekurangan, namun dasarnya tetaplah tidak berubah dari dahulu, karena batasan-batasan yang sudah diajarkan Jesus. Sehingga kalaupun ada ayat-ayat kejam terutama di perjanjian lama dan Vulgar maka Kristener dapat menelaah bahwa itu tidak baik dan tidak perlu dilakukan karena apa?karena dasarnya adalah Jesus. Kristener diperbolehkan meneliti dan menguji Alkitab , sehingga Alkitab  pun diterjemahkan kedalam berbagai bahasa di dunia. (Sungguh luar biasa menurut saya jika Alkitab  yang sudah banyak kekurangannya justru malah diperbolehkan diuji kebenarannya)

*Islam adalah ajaran yang dibawa oleh Muhammad, ajaran yang percontohan kehidupannya adalah Muhammad. Jadi apa-apa yang telah dilakukan Muhammad adalah contoh nyata cara menjadi manusia yang baik menurut Islam. Dari bertanya jawab dengan teman saya seorang Muslim, dapat saya tarik kesimpulan bahwa Islam adalah ajaran hasil penggabungan Samawi, Taurat dan ilmu baru yang diperkenalkan oleh Muhammad.

Hasil ajaran itu semua bernama Islam dengan sumber ajarannya adalah Al-Alquran, berbeda dengan Al-kitab, Al-Alquran pada masa awalnya bahkan mungkin hingga sekarang tidak boleh diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa di dunia dengan alasan bahwa kosa kata Arab lebih kaya dari bahasa lainnya, tetapi sumber kekuatan Alquran adalah bahwa Alquran tidak boleh diuji kebenarannya oleh orang yang percaya kepada Alquran.Menurut teman saya meragukan Al-Alquran adalah Musyrik kepada Allah swt dan Nabinya, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Islam harus diterima bulat-bulat tanpa harus memperdebatkannya.

Dari ketiga bahasan kecil ini, sebenarnya ada benang merah bahwa masing-masing Agama ini memiliki poros percontohan selain kitab masing-masing yaitu apa? yaitu dari si pembawa ajaran tersebut: Musa (ajaran Yahudi), Jesus (ajaran Kristen) dan Muhammad (ajaran Islam) Mana yang paling benar?? Seyakin apapun kita akan kebenaran agama yang kita yakini bukti kebenarannya hanya ada di akhir jaman. Adakah yang membantah hal ini?? jika ada tolong berikan bukti kokreat atau real atau nyata akan kebenaran agamanya di luar sumber kitab masing2.

Namun ada cara mengetahui sedikit kebenaran dari ke 3 ajaran ini yaitu terletak dari: sikap dan perilaku manusia yang memperkenalkannya:

  • Perilaku Musa
  • Perilaku Jesus
  • Perilaku Muhammad

dari sini kita bisa menilai perilaku mana yang sedikit banyak mencerminkan Tuhan Allah swt Si sumber segala keyakinan. Perilaku ketiganya mulai dari pemberitaan kelahiran hingga pada karya keselamatan yang diperkenalkan ke 3 tokoh ini dapat dilihat dari Taurat, Alkitab  ataupun Al-Alquran.

Masing-masing orang memiliki persepsinya sendiri namun saya yakin nurani kita akan sama jika demikian konteksnya, sehingga seharusnya tidak ada perang ataupun permusuhan di kalangan kita mahluk ciptaan-Nya kendati kita memiliki keyakinan berbeda.

*JANGAN TUTUP NURANI KITA

____________________

Sophislam, Januari 27th, 2011 pukul 05:17

kepada CINTADAMAI….

tidak semudah itu frent ….

wacana “Tuhan itu seperti apa”, itu amat subjektiv. tidak cukup untuk membenarkan suatu agama hanya dilihat dari perilaku tokoh masing2.

sebenernya, seperti apa Tuhan itu, itu tidak lah penting. yang penting adalah, bagaimana  suatu agama diperlihatkan menurut logika kebenaran dan keilmiahan.

contohnya, Anda tulis Jesus itu adalah sumber kristen.

pertanyaan saya adalah, sejak kapan Jesus membawa agama kristen? apakah Jesus pernah sebut2 agama kristen sebagai agamanya? nama kristen itu sendiri adalah nama yang digunakan paulus, JAUH setelah wafatnya Jesus. jadi, Jesus tidak tahu menahu dengan penamaan kristen itu sendiri.

logikanya, mengapa Jesus tidak tahu menahu dengan nama agamanya sendiri? itu pun kalau Jesus memang datang untuk membawa agama. secara orang Yahudi saja, Jesus bukan untuk bawa agama baru, tapi hanya ingin mengkoreksi cara orang memandang hukum taurat.

itu masih pertanyaan awal yang berkenaan dengan logika dan keilmiahan. belum yang lain.

masih banyak hal yang lain. mudah2an disambung lagi ….

______________________

CintaDamai, Maret 3rd, 2011 pukul 14:38

Agama bukan soal logika dan keilmiahan, kenapa? jika agama soal logika dan Keilmiahan,lantas bagaimana dengan kasus bahwa ada mahluk hidup bersel satu dan tidak berpasangan?? padahal dalam Alquran dinyatakan jelas bahwa setiap mahluk hidup berpasangan. Jika saya mengikuti pernyataan anda bahwa bagaimana agama diperlihatkan menurut logika kebenaran dan keilmiahan maka ISLAM sudah sangat jelas SALAH. Namun anda pasti akan berbalik lagi dari argumen anda 🙂

kembali ke respon saya dari pernyataan anda :

Saya tidak berstatement bahwa kebenaran suatu agama dapat diputus dari orang yang memperkenalkannya atau membawanya, hanya sedikit banyak poros (tokoh) agama yang menjadi sumbernya adalah suatu hal yang membuka tabir dari nalar kita apakah agama ini benar atau malah sebaliknya. Jangankan Jesus, Musa pendahulunyapun tidak membawa agama Yahudi, Musa tidak tahu bahwa agama Yahudi bersumber dari dia, karena yang Musa perkenalkan adalah Taurat. Yesuspun begitu, Dia tidak memperkenalkan Kristen, Jesus hanya mengajarkan kasih, Dia tidak perlu merampok untuk bertahan hidup, Dia tidak pernah mengutuk orang-orang yang menghina dan menyakitiNya. Kristen adalah sebutan bagi orang-orang yang mengikut dan percaya Kristus Jesus. Jesus datang sebagai penggenapan dan peningkatan akhlak manusia dibandingkan ajaran taurat. Pengajaran Jesus bukan bersumber dari wangsit atau diturunkan kitab, karena Jesus adalah firman itu sendiri. Oleh karena kesurgawian-Nya, Jesus akan datang kembali saat akhir jaman, Dia menjadi tanda sekaligus hakim yang adil bagi dunia. Lalu pernahkah teman-teman Muslim mempertanyakan dalam hati masing”, kenapa bukan Muhammad yang menjadi pertanda akhir jaman? bukankah Muhammad adalah manusia paling sempurna di mata teman” Muslim? Seorang teman saya (Muslim) menjawab : “Itu terserah Allah swt, kehendak Allah swt tidak bisa kita atur”. menurut saya ini jawaban yang bijak, dimana sekalipun Muslim meyakini Muhammad manusia paling sempurna, namun Allah swt memilih Isa yang menjadi penanda akhir jaman. Dimana Muslim meyakini bahwa Isa telah meninggal namun nyatanya Allah swt mengatakan bahwa Jesus (Isa) akan datang lagi ke Dunia. Jika semua kehendak Allah swt, maka KESELAMATAN bukan datang dari usaha manusia, melainkan dari Kasih Karunia Allah swt Bapa. Dengan kata lain, amalan dan pahala teman-teman sekalian TIDAK SEKALIPUN menjadi JAMINAN anda akan selamat akherat, karan hanya KASIH KARUNIA ALLAH SWT yang mampu memberikan kita KESELAMATAN.

_____________________

Sophislam,

Maret 25th, 2011 pukul 08:58

CintaDamai, Maret 3rd, 2011 pukul 14:38

Agama bukan soal logika dan keilmiahan, kenapa? jika agama soal logika dan Keilmiahan, lantas bagaimana dengan kasus bahwa ada mahluk hidup bersel satu dan tidak berpasangan?? padahal dalam Alquran dinyatakan jelas bahwa setiap mahluk hidup berpasangan. Jika saya mengikuti pernyataan anda bahwa bagaimana agama diperlihatkan menurut logika kebenaran dan keilmiahan maka ISLAM sudah sangat jelas SALAH. Namun anda pasti akan berbalik lagi dari argumen anda kembali ke respon saya dari pernyataan anda: Saya tidak berstatement bahwa kebenaran suatu agama dapat diputus dari orang yang memperkenalkannya atau membawanya, hanya sedikit banyak poros (tokoh) agama yang menjadi sumbernya adalah suatu hal yang membuka tabir dari nalar kita apakah agama ini benar atau malah sebaliknya. Jangankan Jesus, Musa pendahulunyapun tidak membawa agama Yahudi, Musa tidak tahu bahwa agama Yahudi bersumber dari dia, karena yang Musa perkenalkan adalah Taurat.

Yesuspun begitu, Dia tidak memperkenalkan Kristen, Jesus hanya mengajarkan kasih, Dia tidak perlu merampok untuk bertahan hidup, Dia tidak pernah mengutuk orang-orang yang menghina dan menyakitiNya. Kristen adalah sebutan bagi orang-orang yang mengikut dan percaya Kristus Jesus. Jesus datang sebagai penggenapan dan peningkatan akhlak manusia dibandingkan ajaran taurat. Pengajaran Jesus bukan bersumber dari wangsit atau diturunkan kitab, karena Jesus adalah firman itu sendiri.

Oleh karena kesurgawian-Nya, Jesus akan datang kembali saat akhir jaman, Dia menjadi tanda sekaligus hakim yang adil bagi dunia. Lalu pernahkah teman-teman Muslim mempertanyakan dalam hati masing”, kenapa bukan Muhammad yang menjadi pertanda akhir jaman? bukankah Muhammad adalah manusia paling sempurna di mata teman” Muslim?

Seorang teman saya (Muslim) menjawab :

“Itu terserah Allah swt, kehendak Allah swt tidak bisa kita atur”

Menurut  saya ini jawaban yang bijak, dimana sekalipun Muslim meyakini Muhammad manusia paling sempurna, namun Allah swt memilih Isa yang menjadi penanda akhir jaman. Dimana Muslim meyakini bahwa Isa telah meninggal namun nyatanya Allah swt mengatakan bahwa Jesus (Isa) akan datang lagi ke Dunia. Jika semua kehendak Allah swt, maka KESELAMATAN bukan datang dari usaha manusia, melainkan dari Kasih Karunia Allah swt  Bapa. Dengan kata lain, amalan dan pahala teman-teman sekalian TIDAK SEKALIPUN menjadi JAMINAN anda akan selamat akherat, karan hanya KASIH KARUNIA ALLAH SWT yang mampu memberikan kita KESELAMATAN.

Dari  uraian Anda, saya bisa bagi maksud hati Anda menjadi 3 point, yaitu,

  • mahluk bersel satu vs mahluk berpasangan.
  • musa pun tdk pernah bawa agama Yahudi.
  • mengapa Nabi Isa yang dtg di akhir jaman, bukan Muhammad-saw.

Penjelasan.

point pertama.

mengapa ada mahluk bersel satu, bukankah semua mahluk itu berpasangan?

Anda tulis, mengapa ada mahluk bersel satu, bukankah Alquran sudah tulis bahwa semua mahlkuk itu berpasangan?

sebenarnya yang hendak Anda perkarakan di sini bukanlah masalah berpasangannya itu sendiri, tapi pada konsep berpasangan itu. memang ada mahluk hidup bersel satu, seperti amuba.

tapi ingat, kenyataan bahwa sel itu berkembang biak dengan membelah diri (tanpa kawin dengan ‘pasangannya’), maka itu menjadi ‘tanda’ bahwa dalam ‘fikiran’ amuba itu ada sesuatu yang berpasangan.

coba kita tanyakan, mengapa amuba itu membelah diri? dan mengapa membelah dirinya menjadi dua? bukan tiga? bukan 3,5? dan mengapa hasil pembelahannya merupakan salinan yang 100% sama dengan individu sebelumnya?

Anda harus faham, bahwa dalam diri amuba itu, ada sesuatu yang berpasangan. berpasangan, artinya dua. makanya, membelah dirinya itu menjadi dua, bukan tiga atau tujuh.

point kedua.

Musa pun tidak membawa agama Yahudi. yeah, kita ingat bahwa musa pun tidak pernah mengaku2 membawa agama Yahudi.

Anda harus ingat, bahwa baik Yahudi, kristen (dan juga agama lainnya) bukanlah agama yang sempurna. kata sempurna menjadi kata kunci dalam pembahasan ini. mengapa Yahudi dan Kristen tidak dikatakan sebagai agama sempurna? dan mengapa Alquran mengklaim Islam sebagai agama yang sempurna? karena, Yahudi mau pun Kristen tidak memiliki dokumen yang amat formal dalam menyatakan / mengajarkan ini-itu. semuanya hanya berdasarkan tradisi, hanya berdasarkan kebiasaan dlsb. musa tdk pernah sebut bawa agama apa, itu adalah tanda bahwa Yahudi bukanlah agama yang sempurna. begitu juga Kristen.

memang demikian. pada saatnya masing2, Yahudi mau pun Kristen itu adalah agama illahiah. itu benar. tapi Allah swt sudah mem-plot bahwa agama2 itu tidak sempurna. sempurna hanya terjadi pada moment terakhir, bukan?

itulah sebabnya ketika Islam turun YANG MERUpakan agama terakhir, Allah swt sudah masukkan klausul / ayat Alquran yang menyatakan bahwa Islam adalah agama yang sempurna. satu buktinya adalah, bahwa Muhammad itu diutus untuk bawa agama Islam. Muhammad sudah sebut nama agama. nama kitab suci nya pun juga sudah ia sebut, yaitu Alquran. berarti, kesempurnaan menjadi kata kunci di sini.

Kristen dan Yahudi bukanlah agama yang sempurna, karena para pembawanya saja tidak pernah sebut nama agama yang mrk bawa.

nah masalahnya adalah, apa mungkin ada agama yang merupakan pekerjaan Tuhan, tidak sempurna?? apa mungkin pekerjaan Tuhan itu tidak sempurna?

lebih dari itu, kalau ada sesuatu yang tidak sempurna, JANGAN AMBIL DOOONG!

point ketiga.

Nabi Isa yang terakhir, bukan Muhammad?

ingat, Isa datang di akhir jaman, bukan sebagai Nabi. Isa (Jesus) datang di akhir jaman, hanya untuk memenuhi kodrat nya sendiri, yaitu mati.

Isa datang di akhir jaman untuk penuhi 2 hal, yang mana 2hal / misi itu adalah miliknya pribadi, tidak ada urusannya dengan umat, apalagi kehendak Tuhan.

misi pertama.

Isa diyakini hingga kini masih hidup di langit. yang namanya mahluk hidup, haruslah mati. dan matinya itu harus ketemu tanah.

Isa sekarang masih di langit, hidup. dia harus mati, dan matinya itu harus ketemua tanah. itulah takdir semua mahluk hidup.

oleh karena itu, Isa akan datang di akhir dunia HANYA UNTUK MATI, DAN SUPAYA MATI NYA ITU KETEMU DENGAN TANAH.

misi kedua.

Isa adalah satu2nya nabiullah / rasulullah yang teramat sakit hati dan jiwanya karena dirinya telah diperkatakan oleh manusia sebagai anak Tuhan, yang mana itu adalah FITNAH terbesar atas dirinya yang hanya manusia biasa. sekarang ini Isa di langit masih menanggung rasa sakit hati melihat ke bumi di mana di bumi itu banyak manusia2 Kristen yang selalu memperkatakan bahwa dirinya adalah Tuhan.

Allah swt beri Isa hak untuk membalaskan sakit hatinya. maka nanti di akhir dunia Isa akan turun untuk melabrak semua manusia / lembaga yang telah memperkatakan bahwa dirinya adalah anak Tuhan, dengan cara meruntuhkan semua salib, terkhusus lagi salib induk ketika Isa dituduh disalib yang sekarang memang masih ada di dunia ini.

dengan kata lain, orang Kristen JANGAN BERBESAR HATI dengan ajaran Islam bahwa nanti di akhir dunia Isa akan datang. tapi hendaklah orang Kristen itu waspada. nanti turunnya Isa di akhir dunia itu adalah SEBAGAI MUSUHNYA semua orang Kristen dan Gereja…… Isa turun akan menghakimi semua tuduhan orang Kristen bahwa Isa adalah anak Tuhan, dan akan membuat perhitungan dengan mereka2 ini.

dan itu semua adalah kasih sayang Tuhan kepada Isa almasih yang telah disakiti oleh manusia dengan fitnah keji. karena Tuhan sayang kepada Isa, maka Tuhan beri Isa hak untuk turun ke bumi untuk buat perhitungan dengan mrk yang selalu sebut2 bahwa Isa adalah anak Tuhan …..

jangan dikira turunnya Isa itu adalah untuk menyatakan bahwa Isa adalah hakim dunia. bukan!

___________________

CintaDamai,  Mei 10th, 2011 pukul 06:13

Saudara Sophislam:

1) anda mengatakan: Amuba hanya membelah diri menjadi 2?? Dari pelajaran biologi yang saya pelajari, amuba / protozoa jika berada di lingkungan yang kurang baik, misalnya udara terlalu dingin atau panas atau kurang makan, maka amuba akan membentuk kista. Didalam kista amuba dapat membelah menjadi amuba-amuba baru yang lebih kecil dan jumlahnya banyak. Bila keadaan lingkungan telah baik kembali, maka dinding kista akan pecah dan amuba-amuba baru tadi dapat keluar. Jika demikian amuba dapat membelah diri menjadi 4,5,6 atau 7 🙂 coba cek lagi buku2 Biologi SD-SMA 🙂

anda mengatakan: mengapa Alquran mengklaim Islam sebagai agama yang sempurna? karena, Yahudi mau pun Kristen tidak memiliki dokumen yang amat formal dalam menyatakan / mengajarkan ini-itu. semuanya hanya berdasarkan tradisi, hanya berdasarkan kebiasaan dlsb. musa tdk pernah sebut bawa agama apa, itu adalah tanda bahwa Yahudi bukanlah agama yang sempurna. begitu juga Kristen.

Saya menjadi bertambah bingung lagi, kenapa kesempurnaan Islam diperoleh dari tidak dimilikinya oleh Yahudi dan Kristen (agama apa ya?) dokumen-dokumen yang formal yang menyatakan ini itu??? jadi kesempurnaan Islam berasal dari ketidaksempurnaan ajaran lain??bukan karena Islam benar2 sempurna sendiri???

Lantas kenapa Alquran masih memerlukan hadist???  Jika Alquran (sumber ajaran Islam) adalah firman Allah swt dan Islam sempurna, mengapakah Sekelas Firman Allah swt masih butuh hadist??? Hadist firman siapa?? jika buatan manusia tidakkah anda perlu mengujinya karena kita manusia pasti ada kekurangan???atau anda hanya fanatik dan percaya “buta” begitu saja terhadap hadist??

3) anda mengatakan: Isa adalah satu2nya nabiullah / rasulullah yang teramat sakit hati dan jiwanya karena dirinya telah diperkatakan oleh manusia sebagai anak Tuhan, yang mana itu adalah FITNAH terbesar atas dirinya yang hanya manusia biasa. sekarang ini Isa di langit masih menanggung rasa sakit hati melihat ke bumi di mana di bumi itu banyak manusia2 Kristen yang selalu memperkatakan bahwa dirinya adalah Tuhan.

Lagi-lagi anda membuat saya bingung, apakah ada manusia biasa yang hidup di langit??? apakah ada hamba Allah swt yang hidup di langit??? jika anda bilang Isa sama dengan Nabi-Nabi terdahulu, mengapa iya baru mati di hari kiamat??? mengapa ia bisa hidup di langit??? adakah penjelasan Alquran mengenai hal ini???

Anda juga bilang Isa sakit hati karena dianggap anak Tuhan, maka saya minta tolong berikan bukti bahwa Isa benar-benar menyatakan dirinya sakit hati, adakah di Alquran ditulis demikian bahwa Isa mengakui dirinya sakit hati??? atau anda hanya menebak-nebak saja???

TERAKHIR INILAH KATA2 ANDA YANG SUNGGUH LUAR BIASA: Isa datang di akhir jaman untuk penuhi 2 hal, yang mana 2hal / misi itu adalah miliknya pribadi, tidak ada urusannya dengan umat, apalagi kehendak Tuhan.

TERNYATA ADA SEORANG MANUSIA BISA YANG AKAN DATANG DI AKHIR JAMAN YANG MANA ITU ADALAH KEHENDAK DIA PRIBADI BUKAN KEHENDAK TUHAN. JIKA DEMIKIAN MAKA IA ADALAH HAMBA ALLAH SWT YANG LUAR BIASA, KARENA DIA MEMPUNYAI KEHENDAK YANG SAMA DENGAN TUHAN. KENAPA ADA MANUSIA BIASA YANG TIDAK BERDOSA DAN PUNYA KEHENDAK YANG LUAR BIASA INI??? KENAPA MANUSIA BIASA INI TERLAHIR DARI ROHUL KUDUS??? BUKAN DARI SPERMA DAN SEL TELUR SEPERTI MANUSIA LAINNYA, BAHKAN MUHAMMADPUN LAHIR DARI HASIL PERKIMPOIAN ANTARA ABDULLAH DAN SITI?? APAKAH YANG LAHIR DARI ROHUL KUDUS = YANG LAHIR DARI PROSES SENGGAMA??? DIJAWAB DALAM HATI SAJA SAUDARA.

________________________

Sophislam, Mei 13th, 2011 pukul 03:37

point#1.

Anda tulis KALAU AMUBA / PROTOZOA BERADA DI LINGKUNGAN YANG KURANG BAIK, MAKA AMUBA AKAN MEMBENTUK KISTA, DAN AKAN MEMBELAH MENJADI BANYAK AMUBA … jawab.

wah kalau keadaannya tidak baik / tidak ideal, maka otomatis hal itu tidak dapat dijadikan patokan atau rujukan brok!!!!

toh yang jelas, dalam keadaan ideal itu, amuba itu MEMBELAH DIRI MENJADI DUA, yang mana itu berarti dalam ‘fikiran’ amuba itu ada sesuatu yang berpasangan. faham??

point#2.

masalah kesempurnaan Islam.

Islam itu sempurna dengan sendirinya, PLUS juga karena terbukti bahwa agama lain itu TIDAK SEMPURNA. faham???? memang benar bahwa kesempurnaan Islam itu salah satunya diperoleh dari ketidaksempurnaan agama2 lain di sisi Islam. hal itu teramat mudah untuk dipahami. oke??

>>mengapa Alquran masih butuh hadis?

jawab.

siapa yang suruh Anda untuk memisah2kan / membeda2kan / mendikotomikan antara Alquran dan alhadis??

Alquran dan alhadis adalah SATU KESATUAN. so jangan Anda bilang bahwa Alquran itu masih butuh hadis.

ingat, semua hadis itu berasal dari lisan Nabi Muhammadsaw. dan Nabi Muhammad itu mendapat wahyu dari Allah swt. jadi secara tidak langsung, alhadis adalah Alquran dalam bentuk non-formal. ga pernah Muhammad itu menyatakan ini-itu hanya berdasarkan keinginannya semata. semua ajaran yang Muhammad nyatakan dalam hadis berasal dari ilham Allah swt. faham??

itulah sebabnya, pasal2 Alquran banyak yang dijelaskan dalam hadis. mengapa? krn Alquran dan alhadis adalah satu kesatuan.

jelas Anda tidak tehe apa2 mengenai Islam.

kalau Anda bilang HADIST FIRMAN SIAPA??”.

saya jawab,

hadis adalah perkataan Nabi yang outline nya berasal dari Allah swt. faham????

Anda tulis,

jika buatan manusia tidakkah anda perlu mengujinya karena kita manusia pasti ada kekurangan???atau anda hanya fanatik dan percaya “buta” begitu saja terhadap hadist??

saya jawab,

sudah saya tulis di atas, bahwa hadis adalah perkataan Nabi yang outline nya berasal dari Allah swt.

agama lain tidak sempurna. mau tau apa contohnya?

#a======

Nabi di agama lain, tidak ada yang pernah sebut / klaim bahwa sang Nabi tersebut adalah Nabi yang terakhir. sementara dalam Islam, sudah disebutkan bahwa sang Nabi (muhsaw) adalah Nabi yang terakhir.

#b======

agama Kristen, misalnya. adakah pergi ke Gereja, memakai jubah, tongkat salib, paduan suara gerejanya, membuat tanda salib, dll, ada perintahnya dalam Alkitab ?? adakah perintah dalam Alkitab  supaya semua orang Kristen baca2 Alkitab ??

dalam Islam, semua bentuk ibadah sudah ada perintah tegasnya dalam Alquran.

#c======

dalam agama Kristen / Yahudi, Allah swt TIDAK PERNAH PERINTAHKAN PARA NABI UNTUK TULIS2 AYAT TUHAN (seperti kepada Nabi musa, habakuk, amos, yehezkial dll).

oleh karena itu semua Nabi Alkitab  tidak pernah ada yang tulis2 ayat Tuhan.

oleh karena itu, orang lainlah yang tulis2 ayat2 tersebut. dan sampai sekarang para ahli tidak pernah tahu siapa2 saja yang tulis2 ayat Tuhan dalam perjanjian lama tersebut.

oleh karena itu, ayat2 Alkitab  itu ditulisnya ratusan tahun setelah wafatnya sang nabi2 Alkitab . kisah raja2 misalnya, yang mengisahkan salomo, ditulis ratusan tahun setelah kematian salomo itu sendiri. itu pun salomo tidak pernah suruh org2 kala itu untuk tulis2 ayat2 Tuhan kepada salomo.

tidak ada satu ahli bible pun yang bisa bilang bahwa kitab raja2 atau kitab amos atau kitab keluaran dst ditulis oleh seorang Nabi Tuhan, dan itu pun penulisannya berdasarkan perintah Allah swt.

berbeda dengan Alquran.

ayat2 Alquran adalah firman2 Allah swt kepada Muhammad. dan ketika firman itu sudah sampai kepada Muhammad, maka Allah swt perintahkan Muhammad untuk tulis2 ayat tersebut.

itulah sebabnya sejarah (Islam) melihat bahwa Nabi mempunyai juru tulis yang bernama zaid bis tsabit yang bertugas menuliskan semua ayat2 Allah swt. sejarah pun melihat bahwa para sahabat Nabi bnyk yang tulis2 ayat Alquran tersebut di atas media seadanya seperti tulang unta, pelepah kurma, serpihan batu dll.

itu pun ditulisnya pd tahun / tanggal / hari yang sama dengan turunnya ayat Alquran tersebut.

beda kan??

maka bgm kita bisa bilang bahwa Kristen (dan Yahudi) sebagai agama yang sempurna?????

kalau Islam, ya memang sempurna.

#d=======

  • pernikahan orang Kristen, adalah warisan / adopsi org2 pagan.
  • jubah2 pendeta Kristen, adalah warisan / adopsi org2 pagan.
  • sistem kependetaan Kristen adalah warisan / adopsi org2 pagan.
  • altar yang ada di Gereja adalah warisan / adopsi org2 pagan.

coba liat Islam.

pernikahan versi Islam adalah ajaran Islam sendiri. islamlah yang memilih model pernikahan mana yang sesuai dengan nilai keagungan manusia. ada ayatnya, ada sejarahnya.

jubah2?? wah Islam tidak pernah pakai jubah2 tuh untuk ibadahnya. kalau pun orang arab pakai jubah, ituy mah tidak ada hubungannya dengan ajaran Islam. jubah arab yang dipake orang arab itu hanya tradisi adat arab ajah.

sistem kependetaan dalam Islam? wah Islam tidak ada sistem kependetaan. oleh karena itu Islam tidak ambil warisan dari mana2.

altar.

nah ini apalagi. Islam ga pakai altar2an!!

kalau Kristen memang sempurna, maka mengapa pakai altar, jubah dan model pernikahan yang mirip dengan tradisi paganisme?? pun, mana ada ayat Alkitab  yang menjelaskan bahwa tradisi anu bin anu telah diadopsi oleh Gereja??? dijamin tidak ada! soalnya Kristen itu hanya berdasarkan tradisi ajah!

point#3.

apakah ada manusia biasa yang hidup di langit?

saya jawab,

wah ada aja dooong. itu kan kehendak Allah swt.

bukan Isa aja yang manusia biasa yang hidup di langit.

coba ikuti kisah ini yang akan saya beberkan, supaya Anda ngerti.

semasa idupnya, Nabi Sulaiman berlayar ke tengah laut bersama para punggawanya. di tengah laut itu, bangsa jin yang taat kepada Sulaiman terjun ke dasar laut, dan di dasar laut itu dijumpai istana molek yang di dalamnya tinggal seorang pemuda yang selalu salat zikir ngaji dll.

istana molek itu dibawa para jin ke permukaan laut supaya diperlihatkan kepada Sulaiman. Sulaiman terkesima melihatnya.

suliaman berkata2 dengan sang pemuda, mengapa pemuda itu bisa hidup di dasar laut tanpa kesulitan sama sekali??

sang pemuda berkata, dirinya berasal dari jaman Nabi Ibrahim (berarti sekitar 1000th sebelumnya). ibunya telah mendoakannya supaya berumur panjang, dan ayahnya mendoakannya supaya ia menjadi anak yang selalu beribadah.

ketika sang ayah dan ibunya wafat, Allah swt mengabulkan doa mereka berdua, yaitu sang anak akan diberi berumur panjang dan tetap dalam ibadah. alhasil, Allah swt memberikan kepada sang anak -pemuda tersebut- istana molek untuk ditinggali sang pemuda, dan MEMBENAMKANNYA KE DASAR LAUT, supaya dengan demikian pemuda dapat berumur panjang dan senantiasa beribadah TANPA ADA ORANG LAIN YANG TERHERAN2 mengapa pemuda tersebut tidak mati2 dan tidak pernah bisa dipusingkan dengan urusan duniawi.

coba Anda bayangkan.

mengapa ada manusia biasa yang bisa hidup di dasar laut tanpa kesulitan sama sekali??

ketahuilah, bahwa sang pemuda tersebut sampai sekarang masih di dasar laut, bersama dengan istana moleknya.

sekarang Anda, hai kapirit CINTADAMAI, kenapa tidak terjun aja ke laut di seluruh dunia, syukur2 Anda bisa nemuin istana molek tersebut dengan sang pemudanya yang berumur ribuan tahun itu????

kalau Allah swt sudah berkehendak, maka mengapa Anda terheran2??

dus, apakah dengan hidup abadinya sang pemuda itu, maka pemuda itu adalah ANAK TUHAN??? heh jangan ngelucu ya!!!

Anda tulis,

TERAKHIR INILAH KATA2 ANDA YANG SUNGGUH LUAR BIASA : Isa datang di akhir jaman untuk penuhi 2 hal, yang mana 2hal / misi itu adalah miliknya pribadi, tidak ada urusannya dengan umat, apalagi kehendak Tuhan.

TERNYATA ADA SEORANG MANUSIA BISA YANG AKAN DATANG DI AKHIR JAMAN YANG MANA ITU ADALAH KEHENDAK DIA PRIBADI BUKAN KEHENDAK TUHAN. JIKA DEMIKIAN MAKA IA ADALAH HAMBA ALLAH SWT YANG LUAR BIASA, KARENA DIA MEMPUNYAI KEHENDAK YANG SAMA DENGAN TUHAN. KENAPA ADA MANUSIA BIASA YANG TIDAK BERDOSA DAN PUNYA KEHENDAK YANG LUAR BIASA INI??? KENAPA MANUSIA BIASA INI TERLAHIR DARI ROHUL KUDUS??? BUKAN DARI SPERMA DAN SEL TELUR SEPERTI MANUSIA LAINNYA, BAHKAN MUHAMMADPUN LAHIR DARI HASIL PERKIMPOIAN ANTARA ABDULLAH DAN SITI?? APAKAH YANG LAHIR DARI ROHUL KUDUS = YANG LAHIR DARI PROSES SENGGAMA??? DIJAWAB DALAM HATI SAJA SAUDARA.

saya hanya tulis,

Isa datang di akhir jaman untuk penuhi 2 hal, yang mana 2hal / misi itu adalah miliknya pribadi, tidak ada urusannya dengan umat, apalagi kehendak Tuhan    Isa datang di akhir jaman untuk penuhi 2 hal, yang mana 2hal / misi itu adalah miliknya pribadi, tidak ada urusannya dengan umat, apalagi kehendak Tuhan.

saya tulis, Isa datang UNTUK MISI PRIBADINYA.

saya tidak tulis, ISA DATANG ATAS KEHENDAK PRIBADINYA.

saya tidak tulis, ISA DATANG ATAS KEHENDAK PRIBADINYA – BUKAN KEHENDAK TUHAN.

dari mana Anda bisa ambil kesan seolah saya tulis bahwa ISA DATANG DI AKHIR JAMAN ATAS KEHENDAK PRIBADINYA, BUKAN KEHENDAK TUHAN???

Allah swt-lah Yang berkehendak bahwa Isa akan turun di akhir jaman untuk tuntaskan MISI PRIBADINYA. faham gakk Anda????

Bisakah  bedain antara MISI PRIBADI, dengan DATANG ATAS KEHENDAK PRIBADI????

Anda itu kayak cowok abege yang lagi puber, trus ge-ernya gila2an!!!

tuh cowok ketemuan cewek. kalau cewek itu pakai baju merah, tuh cowok nyangka cw itu lagi naksir dia. besok2, tuh cw pakai baju kuning. trus tu cowok bilang bahwa tuh cw lagi naksir dia hanya krn cw itu pakai baju kuning. tuh cw ngepa2in sedikiiiiiiiit ajah, langsung ditebak lagi naksir tuh cowok. apa2an tuh!!!

lha wong saya cuma tulis,

ISA DATANG KE BUMI DI AKHIR JAMAN UNTUK PENUHI MISI PRIBADINYA…… eh Anda artikan seolah Isa itu datang atas kehendak pribadinya….!!!

sekarang tentang roh kudus.

Anda tehe apa seeh tentang roh kudus??

supaya Anda faham apa itu roh kudus, coba baca artikel saya di Sophislam dot wordpress dot com,

https://sophislam.wordpress.com/2017/09/30/roh-qudus-siapakah-dia/

kalau Anda sudah baca artikel saya itu, ayo kita diskusi lagi. oke???

____________________________

CintaDamai,  Mei 13th, 2011 pukul 07:42

Anda terpancing emosi anda 🙂

01) anda katakan: wah kalau keadaannya tidak baik / tidak ideal, maka otomatis hal itu tidak dapat dijadikan patokan atau rujukan brok!!!! toh yang jelas, dalam keadaan ideal itu, amuba itu MEMBELAH DIRI MENJADI DUA, yang mana itu berarti dalam ‘fikiran’ amuba itu ada sesuatu yang berpasangan. faham??

Jadi Alquran tidak tahu ya? kalau dalam keadaan tidak ideal ada kuasa Allah swt yang sungguh luar biasa terhadap mahluk ciptaannya???

Alquran menyatakan bahwa segala mahluk hidup diciptakan berpasang-pasangan, dalam hal ini apa ada tertulis di Quranmu bahwa:

“Dalam keadaan IDEAL segala mahluk hidup diciptakan berpasang-pasangan???”

Jika tidak, maka seharusnya pandangannya sudah jelas mau apapun kondisinya (IDEAL,TIDAK IDEAL) segala mahluk hidup diciptakan berpasang-pasangan. Sungguh bodoh menurut saya, jika firman Tuhan dapat dipatahkan oleh keadaan alam. Sungguh bodoh jika karena faktor alam firman Tuhan menjadi tidak berlaku lagi. Karena faktanya tetap diciptakan mahluk hidup yang tidak berpasang-pasangan. Anda mengerti??

02) anda mengatakan: Alquran dan alhadis adalah SATU KESATUAN. so jangan Anda bilang bahwa Alquran itu masih butuh hadis.

Ini juga lucu, karena tercatat ada beberapa hadist yang dinyatakan “matruk”. Mengapa hanya shahih al-Bukhari dan kitab shahih Muslim yang disahkan sahih??? siapa yang mensahkan sahih??? adakah di Alquran ditulis juga bahwa al-Bukhari dan kitab shahih Muslim adalah firman dari Allah swt swt juga??? Mengapa demikian??? apa benar segala hadist hanya bersumber dari Muhammad bukan dari sumber lain??? baca lagi Quranmu ya 🙂

03) anda mengatakan: Isa datang di akhir jaman untuk penuhi 2 hal, yang mana 2hal / misi itu adalah miliknya pribadi, tidak ada urusannya dengan umat, apalagi kehendak Tuhan

Coba anda baca lagi!!! Isa punya 2 misi, misi itu miliknya pribadi, tidak ada urusan dengan umat, APALAGI KEHENDAK TUHAN, kata yang saya capital coba anda renungkan kata2 anda sendiri. Tidak ada urusan dengan umat, APALAGI kehendak Tuhan, jadi jelas bahwa kedatangan Isa yang kedua menurut anda tidak ada urusan dengan umat apalagi juga tidak ada urusan dengan kehendak Tuhan. Artinya Tuhanpun tidak berkehendak atas misi pribadi si Isa tadi. anda mungkin terlalu sering belajar bahasa Arab sampai lupa bahasa bangsa sendiri. Belajar lagi bahasa Indonesia ya 🙂

anda mengatakan : sekarang Anda, hai kapirit CINTADAMAI, kenapa tidak terjun aja ke laut di seluruh dunia, syukur2 Anda bisa nemuin istana molek tersebut dengan sang pemudanya yang berumur ribuan tahun itu????

Ini benar2 pernyataan bodoh dari kaum yang bodoh. Bagaimana kalau Anda saja deh yang duluan mencari, karena cerita itu kan berasal dari Alquran mu ya?? hihihi 😀

Ternyata seorang muslim yang sholat 5 waktu tidak tahu bahwa agama yang ada adalah Kristen Protestan atau Katholik bukan Kristen 🙂 apakah Anda punya logika??? apakah sama makna antara Kristen Protestan dengan Kristen??? atau apakah sama antara Muhammad dgn Muhammad??? tolong hargailah orang lain, mana yang digembor2kan bahwa ISLAM agama damai???

anda mengatakan: kalau Allah swt sudah berkehendak, maka mengapa Anda terheran2??

Sepertinya pertanyaan ini juga layak anda tanya untuk diri anda sendiri, apakah anda yakin bahwa Allah swt SWT anda maha kuasa??? apakah anda yakin bahwa TIDAK ADA 1 HAL PUN YANG TIDAK BISA DIA LAKUKAN??? dapatkah Allah swt SWT menjelma menjadi manusia dan hidup di tengah2 manusia???? JIka tidak, mohon maaf Allah swt SWT anda saya kira tidak bisa dikatakan MAHA KUASA. 🙂 logikanya sudah sangat jelas ya 🙂

NB: ada satu hal lagi yang membuat saya bingung, muslim menyatakan bahwa Kristen mempersekutukan Tuhan, lantas baru2 ini saya bertemu teman saya yang baru naik haji, saya dengarkan cerita dia, namun ada 1 cerita yang menurut saya cukup aneh.

katanya :

waktu akan mencium batu hitam (HAJAR ASWAD) saya bilang, ya Allah swt saya datang memenuhi panggilanmu, sambil mencium batu itu.

Yang ingin saya katakan, apakah saudara Sophislam sudah mencari tahu perihal asal muasal Hajar Aswad??? jika sudah, apakah Allah swt SWT dan Hajar Aswad adalah satu kesatuan??? jika tidak, mengapa batu itu harus dicium2 jutaan calon haji dan mereka semua menyatakan: ya Allah swt  saya datang memenuhi panggilanmu?? tidakkah itu berarti pemujaan terhadap benda lain selain Allah swt??? berarti Islam terbukti mempersekutukan Allah swt dgn batu donk 🙂

_________________________

Sophislam, Mei 23rd, 2011 pukul 06:47

Alquran menyatakan bahwa segala mahluk hidup diciptakan berpasang-pasangan, dalam hal ini apa ada tertulis di Quranmu bahwa :

“Dalam keadaan IDEAL segala mahluk hidup diciptakan berpasang-pasangan???”

Alquran tidak perlu tulis susun redaksinya seperti itu UNTUK ORANG SEPERTI ANDA, HAI @CINTADAMAI.

milyaran manusia telah mengerti dengan maksud ayat tersebut DENGAN REDAKSI yang sbgmana sekarang kita lihat. faham?

mungkin Anda bodoh. tapi milyaran manusia lainnya tidak bodoh seperti Anda….

point#2

prent, masalah hadis yang bikin Anda jadi bener2 keleleran, mending klik ini aja deh, dan belajar banyak di sana mengenai hadis, http://mufdil.wordpress.com/2009/08/03/sejarah-dan-jenis-jenis-hadis/  silahkan klik.

point #3.

Coba anda baca lagi!!! Isa punya 2 misi, misi itu miliknya pribadi, tidak ada urusan dengan umat, APALAGI KEHENDAK TUHAN, kata yang saya capital coba anda renungkan kata2 anda sendiri. Tidak ada urusan dengan umat, APALAGI kehendak Tuhan, jadi jelas bahwa kedatangan Isa yang kedua menurut anda tidak ada urusan dengan umat apalagi juga tidak ada urusan dengan kehendak Tuhan. Artinya Tuhanpun tidak berkehendak atas misi pribadi si Isa tadi.

sekarang gini aja deh.

saya NGDUGEM itu atas hanya untuk misi saya pribadi, tidak ada hubungannya dengan kepentingan umat, apalagi bangsa indonesia.

sampai di sini Anda mengertikah??

jelaslah saya pergi ke tempat dugem itu atas kehendak Tuhan, atas tenaga yang diberikan Tuhan. tapi apakah saya ke tempat dugem itu untuk tujuan atau kepentingan umat / publik??

apa bedanya antara saya dengan Jesus, kalau begiju??

jelaslah Jesus itu datang dengan kehendak Allah swt (ah apa seeh di dunia ini YANG ADA / TERJADI bukan karena kehendak Allah swt???). tapi apakah kedatangan Jesus itu untuk kepentingan umat / dakwah??

Sepertinya pertanyaan ini juga layak anda tanya untuk diri anda sendiri, apakah anda yakin bahwa Allah swt SWT anda maha kuasa???apakah anda yakin bahwa TIDAK ADA 1 HAL PUN YANG TIDAK BISA DIA LAKUKAN???dapatkah Allah swt SWT menjelma menjadi manusia dan hidup di tengah2 manusia???? JIka tidak, mohon maaf Allah swt SWT anda saya kira tidak bisa dikatakan MAHA KUASA. logikanya sudah sangat jelas ya

makanya jadi muslim aja deh Anda. kalau Anda jadi muslim nanti Anda akan dapat pelajaran TAUHID yang akan membahas kesucian Allah swt.

dalam pelajaran tauhid itu, kita akan diajarkan bahwa TERDAPAT 20 SIFAT HARAM BAGI ALLAH SWT DAN 20 SIFAT WAJIB BAGI ALLAH SWT.

20 sifat wajib bg Allah swt itu, di antaranya adalah,

@Allah swt wajib bersifat esa.

@Allah swt wajib bersifat kuasa.

@Allah swt wajib bersifat kayaraya.

@Allah swt wajib bersifat awal dan akhir.

dll

berikutnya, 20 sifat haram bagi Allah swt, misalnya,

@Allah swt haram bersifat takut.

@Allah swt haram bersifat lebih dari satu

@Allah swt haram bersifat MIRIP DENGAN mahlukNya.

@Allah swt haram bersifat kemudian.

dst ..

nah di pembahasan ini, adalah BAHWA HARAM ALLAH SWT ITU BERSIFAT MENJADI MANUSIA ATAU MENJADI SEPERTI MAHLUK-NYA …..

sekarang tolong jawab.

berkuasakah Allah swt menjadi pencuri?

berkuasakah Allah swt menjadi waria?

berkuasakah Allah swt menjadi feses bekicot?

berkuasakah Allah swt menjadi iblis?

((supaya lbh jelas, klik nihe bagus untuk belajar tauhid dalam Islam,

http://salafytobat.wordpress.com/2010/06/08/ilmu-aqidah-mengenal-Allah swt-20-sifat-wajib-bagi-Allah swt-20-sifat-mustahil-bagi-Allah swt-1-sifat-jaiz-bagi-Allah swt/  ))

dalam Islam, HARAM Allah swt bersifat demikian!

tapi menurut naga2nya orang kapirit kristen (Kristen) wah kayaknya Tuhan Anda itu pantas sekali ya menjadi iblis?? Tuhanmu itu berkuasa sekali kan untuk menjadi iblis???

ha ha ha …

Yang ingin saya katakan, apakah saudara Sophislam sudah mencari tahu perihal asal muasal Hajar Aswad??? jika  sudah, apakah Allah swt SWT dan Hajar Aswad adalah satu kesatuan??? jika tidak, mengapa batu itu harus dicium2 jutaan calon haji dan mereka semua menyatakan: ya Allah swt saya datang memenuhi panggilanmu?? tidakkah itu berarti pemujaan terhadap benda lain selain Allah swt???berarti Islam terbukti mempersekutukan Allah swt dgn batu donk

Ya Allah swt berilah saya kesabaran menghadapi hambaMu yang dia tidak tahu apa2, sementara Engkau telah memberi dia akal yang sempurna ..

hai cintadamai ….,

ketika seorang muslim cium orang tuanya, apakah itu berarti orgtuanya adalah tuhannya selain Allah swt?

saat muslim mencium muhsaf Alquran maka apakah itu berarti Alquran adalah Tuhan lain selain Allah swt?

Allah swt sendiri yang memerintahkan kita sayang kepada orgtua kita. Allah swt sendiri yang suruh kita untuk memelihara dan menyayangi Alquran …

nah begitu juga dengan hajar aswad itu…

untuk mengetahui alasan mengapa kaum muslim menciumi hajar aswad, klik saja artikel saya di …..

https://sophislam.wordpress.com/2017/04/21/adam-story-bag-02/ —  belajar baik2 ya di sana….

1 Comment

  1. Maaf mas, disini saya muslim saya ng terima mas blg agama kami itu bodoh ,sebenarnya itu nabi isa belum meninggal ,hanya saja dia diangkat allah ke surga karena ada salah satu pengikut nabi isa itu yg khianat yg bernama yudas escariot yg memberitahukan keberadaan nabi isa pada saat org” yahudi mengejar nabi isa untuk di salib dan sebenarnya itu yg disalib bukan lah nabi isa, yg di salib itu adalah pengikutnya karena dia khianat memberitahukn keadaan nabi isa maka allah murka jadi allah swt menyamakan muka pengikutnya seperti nabi isa, dan yg sebenarnya disalib bukan isa tapi pengikutnya itu yudas, jdi isa itu belom MENINGGAL menurut islam, dan dia akan turun ke bumi pada akhir jaman kenapa? Bukan nabi muhammad? Saya tahu kitab injil dipegang oleh isa, dan alquran muhammad jadi nabi muhammad itu sudah menyelesaikan semua misinya ,dan sedangkan isa belum karena dia msih ada di surga diangkat oleh allah, pada saat nabi isa turun, dia akan memberitahukan yg sebenar benarnya, bahwa dia tidak pernah disalib yg disalib itu adalah pengikutnya. Dan perlu diketahui bahwasanya ada 4 kitab yg turun, ada Taurat, Zabur, injil, dan alquran. Dan nabi isa sendiri pernah berkata bahwa akan ada kitab yg terakhir untuk menjadi penyempurna kitab kitab sebelumnya yaitu alquran. Cuman sekilas aja yg bisa saya sampaikan mohon maaf jika saya ada ngomong yg tidak mengenakkan, sejujurnya saya merasa sakit hati ketika anda bilang agama kami bodoh dan bilang tuhan kami bukan maha kuasa.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s