Santo Sixtus II, Paus dan Martir

santo-sixtus-ii-paus-dan-martir

Sixtus II, dipilih menjadi Paus menggantikan Paus Santo Stefanus pada tanggal 30 Agustus 257. Setahun kemudian pada tanggal 6 Agustus 258, ketika sedang mengadakan ibadat di makam para martir Preatextatus, ia ditangkap dan langsung dipenggal kepalanya di tempat itu juga. Bersama dengan dia, dibunuh juga diakon Santo Felisisimus dan Santo Agapitus. Beberapa hari kemudian Santo Laurensius mengalami hal yang sama.

Pembunuhan dilakukan sehubungan dengan penolakan Paus Sixtus dan rekan-rekannya itu terhadap hukum yang dikeluarkan oleh Kaisar Valerianus. Tak ada cerita yang diketahui perihal asal usul dan kisah hidup Sixtus, kecuali bahwa selama masa kePausannya pertentangan dengan Gereja-gereja Afrika dan Asia Kecil perihal permandian kembali orang-orang heretik terus berlanjut. Sixtus berpendirian bahwa orang-orang heretik itu tidak perlu dipermandikan ulang; sedangkan para pemimpin Gereja-gereja Afrika dan Asia Kecil mengharuskan permandian ulang orang-orang heretik ini.

Access from,

http://www.imankatolik.or.id/kalender/7Agu.html

Access date 13 Jan 2012

_________________

Sophislam,

Setelah kita membaca teks di atas, akhirnya kita jadi bertanya-tanya mengenai kefasihan umat Kristen dalam klaim mereka bahwa agama Kristen adalah agama yang hanya mengajarkan kasih dan damai. Mana itu kasih karunia yang diteriak-teriakan oleh para Kristen mengenai agama mereka?

Kaum Kristen gencar sekali meneriakkan pengutukan dan penghujatan terhadap Islam sebagai agama yang mengajarkan kekerasan dan anti toleransi. Bahkan di dalam kutukan dan hujatan mereka itu, kaum Kristen meneriakkan bahwa kaum Muslim pun juga bengis terhadap sesama Muslim mereka yang berbeda pandang dengan kelompok Muslim lainnya. Dan itu semua karena Islam adalah agama yang mengajarkan kekerasan dan anti-toleransi. Itu kata mereka, kaum Kristen.

Berbeda dari agama Kristen, begitu kata mereka. Agama Kristen adalah agama yang mengajarkan cinta kasih, damai dan toleransi. Dan keseluruhan ajaran itu dimulai oleh Jesus yang amat mereka puja.

Namun apa yang kita baca di artikel di atas ini? Artikel ini tidak lain menyajikan informasi di mana sekelompok manusia Kristen membantai kelompok Kristen lainnya TANPA KASIH SAYANG SEDIKIT PUN jika di antara mereka terjadi perbedaan pandang, bahkan terkadang perbedaan itu TERAMAT SEPELE saja.

Bahkan lebih menjijikkannya lagi adalah, bahwa artikel ini menyajikan kisah bahwa saling bunuh karena adanya perbedaan pendapat itu JUSTRU TERJADI di kalangan paus Kristen sendiri. Masya Allah!

Bukankah seharusnya para paus dan petinggi Gereja itu justru LEBIH MAFHUM DAN LEBIH FASIH dalam hal menghayati kasih karunia untuk sesama manusia, baik untuk  manusia yang sepaham dengan manusia yang tidak sepaham? Bukankah dalam sesumbar mereka itu, Jesus selalu tebar kasih tanpa pandang bulu sedikit pun? Lantas mengapa justru kekerasan dan kekejian itu DIPRAKTEKKAN oleh para paus dan petinggi Gereja sendiri? Sungguh ironis!

Kalau lah kekerasan dan kekejian itu dilakukan dan terjadi DI KALANGAN UMAT AWAM yang rendah pemahaman dan penghayatan kasih Jesus, yo monggo. Kita dapat mengerti situasi tersebut. Namun bukankah di artikel ini kisah itu terjadi di kalangan mereka yang sudah mafhum akan kasih karunia Jesus?

Di portal Faithfreedom, betapa kaum Kristen gencar sekali menghujat Islam dan Muslim sebagai umat dan agama yang mengajarkan kekerasan dan kebengisan, sementara di pihak lain kaum Kristen itu memuja-muja agama mereka (yaitu Kristen) sebagai agama yang mengajarkan hanya cinta kasih dan damai yang diajarkan Tuhan Jesus (dodol!), jauh mengungguli Islam yang konyol dan sataniah.

Namun mana buktinya??????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s