Rebutan Gereja, 2 Kelompok HKBP Ricuh

rebutan-gereja-kekerasan-dlm-mentalitas-umat-gereja

Bandung, Jabar – Kericuhan mewarnai rebutan Gereja Huria Kristen Batak protestan (HKBP) di jalan Riau, Minggu (14/10) pagi. Kericuhan antara dua kelompok yang masih satu agama ini terjadi, akibat ketidak puasan dari kelompok HKBP Bandung yang tidak memberikan kesempatan kepada kelompok HKBP Bandung Riau, yang hendak melaksanakan kebaktian, padahal Jemaat HKBP Bandung Riau telah menunggu sejak pukul 09.00 WIB.

Tak kunjung diijinkan masuk, seorang jemaat HKBP Bandung Riau menerobos masuk. Saking emosinya, jemaat yang sudah berusia lanjut ini malah pingsan. Polisi yang melakukan penjagaan tampak kikuk menengahi dan hanya bisa mengantisipasi saja, agar tidak terjadi tindakan anarkis.
.
Setelah bernegosiasi berjam-jam, akhirnya kelompok HKBP Bandung Riau pun diijinkan masuk gereja pukul 14.00 Wib, itupun setelah jemaah HKBP Bandung meninggalkan gereja dengan penjagaan ketat aparat. Sialnya, Jemaat HKBP Bandung Riau tak bisa langsung melakukan kebaktian karena pintu gereja terkunci. Kisruh berakhir happy ending setelah kelompok HKBP Bandung Riau akhirnya bisa masuk gereja untuk kebaktian.
.
Konflik antara kelompok HKBP Bandung dan HKBP Bandung Riau memuncak tiga tahun lalu, karena masing kelompok tak mau mengakui kelompok lainnya. Kedua kelompok pun melakukan kebaktian terpisah. Upaya untuk menyatukan kedua kelompok dalam HKBP Resort sejauh ini gagal.
.
Sumber:
Anteve (http://www.an.tv/)
http://www.an.tv/s/?sid=4&newsid=7472
Senin, 15 Okt 2007 08:53:50

Komentar:

Anonim mengatakan…

sungguh memalukan!!!
Yesus dipermalukan di depan banyak orang…

Apa tidak sadarkah??? Dimana kasih yang selama ini digembar-gemborkan umat Kristen?!!!

Pdt. LHM. Simanjuntak dikirim untuk mempersatukan dua kelompok, tetapi ternyata tetap Jogal, Jigil tetap dipakai oleh para orang tua, prihatin, sampai ada pendeta juga terlibat…..

Sudahlah, itu konflik lama….
Konflik yang dibuat Orde Baru agar HKBP tidak berkembang di Indonesia…

Herannya, yang dulu berkonflik sudah banyak masuk lubang 2×1, kenapa masih dibawa sampai sekarang???

Malu, prihatin, sedih….

Kalau begini, dan tidak ada koreksi dari diri kita dan pimpinan, lihat HKBP akan hancur sendirinya…

GBU
31 Oktober 2007 06.54

>>

Access from,

http://h-k-b-p.blogspot.com/2007/10/rebutan-gereja-2-kelompok-hkbp-ricuh.html

Access date,

3 Nop 2010

>>

Bandung (SIB)
Konflik antara dua kelompok jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) di Bandung, Jawa Barat kembali terjadi. Minggu (11/11) pagi ratusan jemaat HKBP resort Bandung Riau, terlibat kericuhan dan adu jotos dengan jemaat HKBP resort Bandung di Gereja HKBP Jalan RE Marta Bandung.
Jemaat HKBP Riau akhirnya berhasil merubuhkan pagar gereja. Entah siapa yang memulai, para jemaat yang bermaksud mensucikan hati inipun terlibat adu jotos. Perintah Tuhan untuk menyayangi sesama tampaknya tak berlaku untuk para jemaat ini. Salah seorang jemaat, bahkan nyaris dikeroyok jemaat lain.
Kisruh, dua kelompok jemaat HKBP Bandung dan HKBP Bandung Riau telah berlangsung satu bulan. Perseteruan dipicu oleh terbitan surat keputusan Ephorus HKBP Pdt DR Bonar Napitupulu pimpinan tertinggi HKBP yang menyatukan dualisme HKBP di Bandung menjadi HKBP resort Bandung. Namun keputusan tersebut ditolak jemaat resort Bandung Riau yang sejak tahun 2001 melaksanakan ibadah di gereja tersebut.
Setelah puas melampiaskan amarahnya, jemaat HKBP Bandung Riau menggelar ibadah di halaman gereja. Meski ricuh dua kelompok jemaat ini terjadi setiap Minggu namun tak tampak aparat keamanan yang berusaha melerai keributan ini.(RCTI/M35/r)

>>

Access from,

http://hariansib.com/?p=18394

Access date,

03 Nop 2010

Penutup dari Sophislam>>

Bukankah ini satu bukti akurat bahwa Kristen dan umatnya juga MENYUKAI kekerasan?? Di mana letak jargon damai itu?? Mana buktinya??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s