Peneliti Michael Paulkovich: Yesus Hanya Mitos dan Tokoh Fiktif

peneliti-yesus-hanya-mitos-dan-tokoh-fiktif-9c6e

Seorang peneliti sekaligus sejarahwan Michael Paulkovich membuat pernyataan mengejutkan terkait keimanan umat Kristiani. Dalam artikel yang dimuat majalah organisasi sekuler, Paulkovich mengklaim Yesus tidak pernah ada alias fiktif.

Menurut penelitiannya, sosok Yesus adalah mitos dan merupakan rekaan pada masa lalu. Otomatis pernyataan kontroversi tersebut memancing reaksi beragam di kalangan peneliti dan sejarahwan.

Menurut laporan Daily Mail, Rabu (1/10), Paulkovich berdasar pada bukti penemuaanya berupa 126 karya tulis yang dibuat pada abad pertama hingga ketiga. Yakni masa di mana pengaruh Yesus berkembang sangat pesat. Paulkovich menambahkan, Yesus sengaja diciptakan untuk dapat disembah.

“Yesus dari Nazareth itu tidak nyata dan tidak lebih dari sebuah legenda gurun,” tulis Paulkovich dalam artikelnya.

Dari 126 karya tulis yang ditelitinya, tidak ada satupun yang menyebut sosok Yesus. Padahal saat itu namanya demikian terkenal dan sangat berpengaruh.

“Jutaan orang seharusnya telah mendengar berita penyaliban Yesus. Dan cerita-cerita tentang mukjizat Yesus seharusnya dicatat oleh sejarawan, tetapi nyatanya cerita-cerita itu justru ditulis dalam kitab-kitab yang tidak lengkap oleh orang biasa puluhan tahun setelahnya,” lanjut Paulkovich di artikelnya.

Salah satu buku yang menyebutkan nama Yesus ia temukan dari karangan Josephus Flavius berjudul The Jewish War. Dalam buku itu disebutkan, nama Yesus dalam buku itu hanyalah tambahan editor dan tidak mengacu pada tulisan asli Josephus.

Paulkovich menuangkan teorinya tersebut dalam buku karangannya berjudul No Meek Messiah di tahun 2013 silam, menyusul buku terbarunya, The Fabel of the Christ.

Sumber,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s